BEKERJA DENGAN SUB PROGRAM

 Untuk menerapkan sub program, maka pada contoh ini akan di aplikasikan dalam program scratch yang hasilnya di bawah ini.

Berikut langkah-langkah dalam membuat scratch perhitungan.

1. Buat proyek baru di jendela Scratch.

2. Tambahkan enam variabel, yaitu Jari-jari, Tinggi, Luas, Volume Tabung, Keliling, dan Luas Tabung.

3. Tambahkan kode berikut untuk mengatur agar ketika program dijalankan, nilai-nilai variabel dikembalikan menjadi nol kemudian tambahkan empat blog kode paling bawah untuk meminta input nilai jari-jari alas dan tinggi tabung.



4. Tambahkan blok berikut untuk memerintahkan setiap subprogram yang akan dibuat untuk menjalankan perhitungan yang diminta.



5. Buat subprogram untuk menghitung luas alas. Subprogram ini akan dijalankan jika menerima pesan hitung luas dikirimkan.



6. Buat subprogram untuk menghitung volume tabung. Subprogram ini akan dijalankan jika menerima pesan hitung volume tabung dikirimkan. 



7. Tambahkan blok perintah untuk subprogram, untuk menghitung keliling alas. Subprogram ini akan dijalankan jika menerima pesan hitung keliling dikirimkan.






8. Selanjutnya buat subprogram untuk menghitung luas permukaan. Subprogram ini akan dijalankan jika menerima pesan hitung luas permukaan dikirimkan.


9. Tambahkan blok perintah berikut di bagian program utama untuk menyampaikan pesan bahwa perhitungan telah selesai.



10. Jalankan program dan berikan input untuk nilai jari-jari alas dan tinggi tabung. Perhatikan tampilan program akan tampak seperti gambar berikut.


Komentar